Pelantikan Pengurus IKPM Muba Yogyakarta Periode 2014-2015 Program Kerja

Program Kerja

YOGYAKARTA, Ikpm-mubayogya.org(01/12/2014) - Mahasiswa perantau yang saat ini menimba ilmu di luar Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) diimbau setelah lulus kulia dapat kembali ke Bumi Serasan Sekate, membangun daerah dengan mengembangkan kreatifitas dan keterampilan yang dimiliki. Apalagi telah digulirkannya Program Alokasi Dana Desa Satu Milyar Satu Desa , yang tentu sangat diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) handal yang dapat mengelola dan mengawasi alokasi dana tersebut kedepan agar lebih baik.

Demikian Imbauan ini diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Muba, Beni Hernedi usai melantik kepengurusan Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM) Muba Yogyakarta Periode 2014-2015 yang berlangsung di XT Square, Kota Yogyakarta, Provinsi DIY, Minggu (30/11) malam.

Dalam kegiatan pelantikan ini, dihadiri langsung Wakil Walikota Yogjakarta Imam Priono, Anggota DPRD Yogyakarta, Anggota DPRD Muba, H Ismail, Kepala Inspektorat Muba, H Rusyadan SH MH, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba, HM Yusuf Amilin, para Tokoh Masyarakat asal Muba yang tinggal di Yogyakarta, dan ratusan mahasiswa Muba yang menimba ilmu di Kota Pelajar tersebut.

“Kewajiban mahasiswa itu menimba ilmu belajar, dan memang dalam menimba ilmu tersebut bukan hanya ditempuh melalui kuliah saja, namun tentunya juga dapat melalui belajar tentang kepemimpinan, menyalurkan ide, kreasi melalui suatu organisasi. Oleh karena itu kami menyambut baik dan mendukung keberadaan IKPM Muba yang baru dilantik ini,” ujar Beni mengawali sambutannya seraya menyampaikan salam dari Bupati Muba H Pahri Azhari kepada mahasiswa asal Muba yang hadir.

Dikatakan Wabup, sudah menjadi komitmen Pemkab Muba yang dipimpin Bupati Muba H Pahri Azhari dan Wabup Beni Hernedi,  yang harus dan wajib memperhatikan pelajar dan mahasiswa, termasuk yang menimba ilmu di luar kabupaten Muba.

“Pemkab Muba Komitmen dengan berupaya memberikan beasiswa prestasi, dan tentunya melengkapi fasilitas serta sarana prasarana mahasiswa yang ada di Yogjakarta. Selain telah membangun dan merehab Gedung Asrama Putra, Ranggonang, saat ini juga pemkab Muba melakukan pembangunan dan merehab Asrama Putri yang berada dekat dengan Markas AL Yogjakarta,” beber Wabup sembari berharap Pemkot Yogyakarta dapat juga mendukung pembangunan sarana dan prasarana asrama putri, dan menitipkan kepengurusan IKPM Muba untuk dibina dan diawasi oleh Pemkot Yogyakarta.

Pemkab Muba dan masyarakat berharap Peran Mahasiswa Yogyakarta dapat belajar dan menimba ilmu sebaik-baiknya. Dan setelah lulus Kuliah kembalilah ke kampung Halaman, karena Kabupaten Muba memerlukan SDM-SDM terampil untuk membangun Muba.

 “Kami juga berpesan mahasiswa setelah lulus kuliah tidak semua harus menjadi PNS. Karena kemampuan Negara dan Daerah terkadang belum bisa memenuhi harapan tersebut, namun tentunya para alumni bisa menyalurkan kreatifitasnya dan keterampilannya ke kampung halaman masing-masing. Karena di Muba sudah masuk tahun ke dua yang telah dialokasikan dana desa satu milyar satu desa. Nah pada tahun ke empat akan ada lagi tambahan dana desa karena undang-undang desa telah mengalokasikan. Sebesar satu milyar lebih juga kepada desa. Para SDM ini dapat berperan dalam mengelola dan mengawasi jalannya ADD agar pembangunan untuk desa ini tepat sasaran,” katanya.

Wakil Walikota Yogjakarta, Imam Priono, menambahkan, Pemkot Yogyakarta sangat mendukung sekali dan mengucapkan apresiasi atas telah dilantiknya kepengurusan IKPM Muba Yogyakarta ini. “Saya berharap IKPM Muba dapat lebih bersinergi dengan Pemkot dan para mahasiswa dengan bersama-sama memberikan konstribusi dan perannya dalam membangun daerah Muba dan Kota Yogyakarta,” imbuh Imam.

Sementara itu, Ketua IKPM Muba Yogyakarta, Muhammad Nur Hidayat mengatakan, dengan dilantiknya kepengurusan IKPM Muba ini, pihaknya akan berupaya meningkatkan peran mahasiswa perantau di Yogyakarta agar dapat lebih baik dalam menuntut ilmu, dan berorganisasi sebagai wadah silaturahmi dan berkomunikasi, menjalin sinergi bersama pemerintah.

“Kami mengharapkan agar Pemkab Muba tentunya dapat memberikan kami peran dan amanah, selain diharapkan sesama pengurus juga dapat semakin mempererat tali silaturahmi membawah nama baik Kabupaten Muba di Kota Yogyakarta ini,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga digelar diskusi publik dengan tema peran konkrit mahasiswa dalam membangun daerah, yangmana Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, Wakil Walikota Yogyakarta, Imam Priono, tokoh senior IKPM Muba Yogyakarta, Dr Yulian Harnadi, secara langsung bertatap muka dan berdiskusi tentang problematika pembangunan Muba dan Kota Yogyakarta dewasa ini, serta solusi bagaimana mengatasi permasalahan tersebut yang dipandu Moderator, Agus, Mahasiswa, Asal Desa Kayu Are, Kecamatan Sekayu.

(Penulis: Dicky Charly Fajrint )

 

MudikBareng2017 MudikBareng2016 Asrama Randik Asrama Ranggonang IKPM Musi Banyuasin Yogyakarta Muba Musi Banyuasin IKPM Muba

Profil Penulis

Administrator

Administrator
Administrator di www.ikpm-mubayogya.org laporkan jika ada penyalahgunaan berita melalui e-mail ikpm.mubayogya@gmail.com

 

Artikel Terkait

    0 Komentar Pada Artikel Ini

 

Tinggalkan Komentar