7 Hal yang Sering Diabaikan dari Kebiasaan Mahasiswa Tips

Tips

Kebiasaan mahasiswa menggampangkan sesuatu ternyata tidak selamanya baik. Banyak hal yang dianggap sepele dan sering kali diabaikan. Padahal hal tersebut berdampak kurang baik bagi diri sendiri atau pun lingkungan sekitar. Alangkah baiknya, apabila hal tersebut lebih diperhatikan dan tidak lagi dilakukan. Berikut adalah tujuh kebiasaan mahasiswa yang sering diabaikan karena dianggap sepele :

1. Buang sampah pada tempatnya

Di tempat umum, tidak jarang ditemui orang dengan cueknya meninggalkan sampah begitu saja meski tersedia tempat sampah di dekatnya. Sampah yang membusuk akan dihinggapi lalat dan serangga lain, yang kemudian akan menyebarkan kuman-kuman penyebab penyakit di lingkungan sekitarnya.

2. Tidur siang Sebentar

Sebuah peneliatian yang melibatkan sekitar 24.000 orang yang tidur sebentar secara regular, 37% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit jantung dari pada orang yang tidur siang hanya sesekali. Tidur siang juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan performa kerja.

3. Menikmati hidup

Hidup disaat sekarang mungkin menjadi salah satu pelajaran terpenting bagi hidup manusia. Dalam sebuah studi yang disebut A Wandering Mind Is an Unhappy Mind psikolog Harvard menyimpulkan bahwa orang yang paling bahagia adalah ketika dirinya melakukan kegiatan yang membuatnya membuat pikirannya terfokus dan merasa bahagia.

4. Menutup hidung ketika bersin

Saat bersin, seseorang bisa melontarkan partikel-partikel dahak dengan kecepatan mencapai 100 mil perjam. Seperti dikutip dari Howstuffworks, berbagai kuman yang mungkin ada dalam dahak bisa menyebar dengan sangat cepat ke orang-orang di sekitarnya. Saat berada di tempat umum, tak jarang dijumpai orang bersin tidak menutup hidung dan mulut. Agar saat bersin kumannya tidak menyebar, mulut dan hidung harus ditutup di tissue atau jika tidak ada maka sebaiknya diarahkan ke kain lengan baju.

5. Melepaskan dendam

Tidak banyak orang yang mampu membiarkan atau menerima segala hal yang sudah terjadi. Memendam perasaan dendam terhadap seseorang akan sangat berdampak pada kesehatan secara fisik. Kemarahan dan dendam yang kronis dapat menurunkan fungsi paru-paru. Menjadi pemaaf adalah solusi terbaik. Dengan menjadi pribadi yang pemaaf akan menurunkan tekanan darah dan mengurangi kecemasan. Memaafkan juga membuat hidup lebih bahagia.

6. Berjalan setiap hari

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa berjalan adalah salah satu cara sehat yang paling aman. Berjalan merupakan cara termudah membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung. Berjalan setiap hari secara teratur akan membantu melawan depresi, menurunkan berat badan, dan menjaga tulang tetap kuat.

7. Mencuci tangan sebelum makan

Mencuci tangan merupakan hal penting dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sayangnya banyak yang mengabaikan hal ini karena merasa tangannya masih bersih meski habis menyentuh benda-benda yang sering dihinggapi kuman misalnya gagang pintu.

Sumber: http://jogjastudent.com/7-hal-yang-sering-diabaikan-dari-kebiasaan-mahasiswa/

 

MudikBareng2017 MudikBareng2016 Asrama Randik Asrama Ranggonang IKPM Musi Banyuasin Yogyakarta Muba Musi Banyuasin IKPM Muba

Profil Penulis

Administrator

Administrator
Administrator di www.ikpm-mubayogya.org laporkan jika ada penyalahgunaan berita melalui e-mail ikpm.mubayogya@gmail.com

 

Artikel Terkait

    0 Komentar Pada Artikel Ini

 

Tinggalkan Komentar